Apa yang sobat pikirkan bila suatu saat ruang kelas bukan lagi satu-satunya sarana yang wajib dimiliki agar dapat belajar lebih baik. Kali ini penulis ingin memberitahu bahwa kelas yang penulis maksudkan adalah kelas digital alias kelas di dunia maya, kelas jarak jauh atau apapun itu terserah. Kelas ini dapat dibuat tanpa perencanaan anggaran yang rumit karena kelas ini gratis untuk guru dan siswa, tanpa berbayar. Namanya adalah Google Classroom/ Google kelas.(https://classroom.google.com)

Dalam penjelasan ini, penulis tidak memaparkan secara teknis cara pembuatannya,  karena kelas ini dapat dibuat dengan mudah, cukup klik link di atas lalu login sebagai guru ataupun siswa menggunakan akun google pastinya kemudian fitur-fiturnya bisa dicoba sendiri. Pembahasan penulis kali ini lebih ditekankan pada manfaatnya.

Sebelum membahas lebih jauh penulis terlebih dahulu memberitahu pembaca bahwa metode apapun pasti ada kekurangan maupun kelebihannya. Karena untuk menggunakan metode ini sangat dibutuhkan kondisi atau suasana yang tepat. Maka nanti di akhir tulisan ini penulis akan memberitahu kekurangan dari metode Google Classroom ini dalam pembelajaran.

Metode ini mungkin tidak memiliki daya tarik visual, atau melatih kredibilitas siswa. Ini juga mungkin bukan pemikiran ke depan seperti yang kita inginkan karena masih sangat jauh dari cita-cita kita semua bahwa ini bisa diterapkan. Namun Google Classroom unggul dalam memberikan solusi untuk sejumlah guru yang memiliki beragam tingkat keahlian dan kenyamanan dengan teknologi pendidikan.

Data menunjukan bahwa lebih dari 20 juta siswa dan guru telah menggunakan Google Classroom ini. Kita dapat melihat bagaimana sekolah lainnya telah beralih ke Google Classroom (https://edu.google.com/intl/id/case-studies/)

Sedikit penjelasan, Google Classroom merupakan alat terbaru dari Google yang dirancang khusus untuk sekolah, untuk mempertemukan semua siswa di satu tempat dan memungkinkan kemudahan dalam menugaskan pekerjaan bagi siswa atau istilahnya Google Classroom membantu pendidik dan peserta didik untuk berurusan dengan sedikitnya berkas, namun lebih banyak kegiatan belajar mengajarnya. Google Classroom/Google Kelas dirancang agar guru dan siswa dapat terhubung ke kelas. Dan mampu untuk melacak kemajuan mereka, serta mencapai lebih banyak hal secara bersama-sama dengan mudah. Google Kelas juga digunakan untuk mengatur kegiatan di kelas, membuat kelas, mendistribusikan tugas, mengirim penilaian, saran atau masukan, dan semua itu dapat dilihat di satu tempat. instan. tanpa kertas. dan mudah. Peserta didik cukup mendengarkan arahan dari guru dimana guru sebagai tutornya dan peserta didik akan diarahkan tentang bagaimana menggunakan Google Classroom.

Solusi google kelas ini dibuat untuk guru dan siswa dengan tidak mempermasalahkan seberapa besar sekolah atau anggarannya. Google memberikan fasilitas mudah ini untuk melibatkan siswa kapan saja, di mana saja dan di perangkat apa saja yakni di komputer, tablet ataupun ponsel. Sehingga kelas serasa di dalam genggaman.

Untuk para guru, kesederhanaan dimulai dari sini. Segalanya jadi sederhana, hanya dalam beberapa menit, kelas sudah disiapkan dan bisa digunakan, cukup dengan beberapa klik. Lalu tambahkan siswa dengan mengirimkan kode kelas kepada mereka atau menambahkannya secara langsung. Lalu buat tugas pertama untuk mereka, salinannya dapat dikirim ke setiap siswa. Guru juga dapat melihat siswa yang telah menyelesaikan tugas ataupun  yang masih mengerjakannya.

Siswa dan guru juga dapat melakukan percakapan langsung dan berkolaborasi mengerjakan tugas. Serta melampirkan apa pun ke kelas via Google Dokumen, Google Drive, atau tautan lainnya.

APA YANG DAPAT DIBANTU OLEH  GOOGLE CLASSROOM?

  1. Bantuan setelah Pulang Sekolah
    Selain dapat mengirimkan Pekerjaan Rumah (PR). siswa dapat menanyakan atau berkolaborasi dengan temannya mengenai tugas tersebut. Berdiskusi, bertanya pada guru sebelum jatuh tempo tugas yang akan dikumpulkan.
  2. Penugasan Tanya Jawab
    Sebuah tugas yang diposting ke Google Classroom memiliki kemampuan untuk dikomentari. Dan itu tersedia untuk seluruh siswa, sehingga guru bisa mengajukan tanya jawab kepada siswa melalui kolom komentar pada postingan tugas.
  3. Terlibat di tengah Proses

Ada sebuah pergeseran penting dalam hubungan siswa dan guru yakni semakin rendahnya guru dalam mengevaluasi dan fokus menjadi pelatih atau pengajar saja. Maka dari itu, disini Google Classroom menempatkan semua siswa bekerja dalam folder yang mudah, yang langsung diakses dari penyimpanan Goole Drive, dimana sementara siswa mengerjakan tugas mereka sang guru dapat masuk dan memasukkan komentar serta membimbing mereka melalui proses.

  1. Kelas Kolaborasi
    Saat membagikan sebuah dokumen guru bisa memilih dan mengatur lewat tools yang ada apakah siswa dapat melihat dokumen itu dan memberikan akses editing kepada siswa untuk berkontribusi didalam proyek kelas atau tidak sama sekali.
  2. Kumpulkan Data
    Data yang dikumpulkan dari siswa telah terhubung dengan Google Form dan spreadsheetsehingga dimungkinkan untuk bisa dengan cepat terkumpul.
  3. Buat Diskusi
    Sebuah spreadsheet juga dapat digunakan untuk mengumpulkan pendapat siswa tentang topik diskusi yang dibahas pada kelas google. Apalagi kalau Google spreadsheet sudah diberi akses editing sehingga siswa dapat terlibat dalam diskusi dengan semua anggota di dalam kelas.
  4. Buat Pelajaran 
    Bukan hanya sekedar menugaskan pekerjaan kepada siswa, karena Google Classroom juga memungkinkan untuk membangun sebuah tugas. menyertakan deskripsinya dan melampirkan beberapa dokumen, link, gambar ataupun video. Ini sangat membantu untuk menampilkan isi pelajaran hanya di satu tempat. sehingga pelajaran menjadi terasa lengkap dan berkualitas karena terkoneksi dengan begitu banyak sumber.
  5. Buat Folder
    Guru memiliki folder di Google Drive yang berisi folder-folder untuk setiap tugas yang dikumpulkan setiap siswa. ini membantu memilah tugas siswa dalam sekejap.
  6. Menampilkan Kerja Siswa
    Dengan izin siswa, guru dapat membuat sebuah pengumuman yang terkoneksi dengan link karya-karya siswa.
  7. Mendistribusikan Catatan
    Daripada berfokus pada pencatatan, lebih baik siswa fokus pada kegiatan membahas. Google Classroom memungkinkan siswa untuk mengambil catatan dengan mudah dan kemudian menghabiskan waktu dikelas untuk membahas tentang topik tugas dan bukannya menghabiskan waktu mereka untuk sibuk mencatat.
  8. Mengelola Kiriman Tugas Siswa
    Google Classroom dengan mudah menampilkan dan menghitung berapa banyak siswa yang telah mengirim tugas dan belum mengerjakan tugas
  9. Email Feedback
    Guru dapat memberikan catatan umpan balik secara menyeluruh untuk semua siswa maupun individu.
  10. Email Siswa. Kita tidak lagi perlu membuat grup alamat email siswa. Karena Google Classroom memungkinkan kita menampung email banyak orang sekaligus.
  11. Email Guru
    Google Classroom memberikan siswa sebuah ikon untuk email guru. Siswa dapat dengan mudah mengirim email kepada guru mereka.
  12. Membuat Pengumuman Kelas. Google Classroom memberikan tempat untuk posting pengumuman. Sehingga siswa dapat mengomentari kembali pengumuman tersebut.
  13. Beritahu Siswa yang Memerlukan Bantuan. Google Classroom menampilkan daftar siswa yang sudah dan belum menyelesaikan tugas, sehingga guru dapat mengirim email pemberitahuan dan memberikan tips untuk sukses serta mendorong siswa untuk fokus bekerja pada tugasnya.
  14. Mengatur Tugas dengan Batas Waktu Pengumpulan
    Saat memberi sebuah tugas di Goolge Classroom, guru dapat menetapkan tanggal jatuh tempo yang jelas bagi siswa.
  15. Lindungi Privasi
    Google Classroom dapat membatasi akses ke dokumen-dokumen untuk guru dan siswa.
  16. Mengurangi Kecurangan
    Karena seluruh dokumen kelas tidak dalam folder yang sama memungkinkan siswa untuk menyontek dan menyalin pekerjaan siswa yang lain. Namun Dengan Google Classroom hal ini bisa diatasi karena semuanya dikontrol oleh guru.
  17. Berbagi Dokumen di Kelas
    Google Classroom membuat distribusi dokumen secara sederhana
  18. Berbagi dengan Beberapa Kelas
    Jika kita mengajarkan beberapa kelas, kita dapat berbagi tugas secara otomatis ke semua kelas.
  19. Berbagi Sumber Daya
    Google Classroom memungkinkan kita untuk mengambil dokumen, video, atau tautan dan membagikannya untuk siswa.
  20. Menyederhanakan Perputaran Tugas
    Google Classroom menempatkan semua dokumen dalam Goole Drivenya guru dan siswa. Siswa hanya perlu menyerahkan dalam GoogIe Classroom untuk guru dan guru siap untuk menilai pekerjaan mereka.
  21. Menargetkan Penilaian lnduk Telepon. Google Kelas mampu menunjukkan daftar mana siswa yang tidak meyelesaikan tugas sehingga guru dapat menggunakan  daftar ini untuk membuat panggilan kepada orang tua.

Demikianlah uraian singkat mengenai Google Classroom/google kelas. Metode ini sangat bagus di gunakan dalam pembelajaran, tujuannya Agar pembelajaran yang tercipta semakin inovatif dan produkif. Namun disamping kelebihan yang di berikan, Adapun kelemahannya yakni metode ini tidak dapat digunakan di daerah yang tidak memiliki akses internet dan juga membutuhkan sarana penunjang seperti laptop,computer,tablet ataupun smartphone agar bisa menjalankannya. meskipun begitu bukan berarti ini tidak dapat di coba kan? Bila pembaca sekalian memiliki pengalaman pribadi dalam menggunakan google classroom, silahkan berbagi. Terima kasih

KATA MUTIARA

“Entah sudah berapa banyak waktu dan kertas yang saya habiskan, untuk memfotokopi tugas untuk siswa.”
Cathy Barton, guru Matematika, Foñtbonne Hall Academy

“Guru dapat memberikan tugas kepada siswa dalam sekejap, sehingga memaksimalkan proses belajar siswa di dalam kelas.”
Paul Lepore, kelas 8 Ilmu Sosial, Sekolah Menengah Felix Festa

“Karena siswa bisa menyerahkan tugas menggunakan Kelas google, saya juga bisa terus memantau hal yang perlu dilakukan, melihat nilai dengan mudah, dan menandai tugas kapan pun saya punya waktu luang, tanpa harus membawa tumpukan kertas ke mana-mana. Kelas membuat proses ini jadi sangat mudah dan nyaman.”
Laura Barton, guru Sairis, Fontbonne Hall Academy

Penulis : Marthin Reynaldo Mata Hine, S.Pd; Gr

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kontak Kami

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

© Copyright 2018 Komite Literasi PPG - Kemenristekdikti

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account